Program BERMUTU Tahun 2011

Kegiatan BERMUTU (Better Education Through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading) tahun 2011 di PPPPTK PKn dan IPS dilaksanakan mulai bulan Juni 2011. Rangkaian kegiatan BERMUTU dimulai dengan kegiatan Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi (Rakorsin) yang dilaksanakan secara serentak bersama-sama dengan empat PPPPTK yang lain yaitu PPPPTK PKn dan IPS, PPPPTK IPA, PPPPTK Bahasa, dan PPPP Matematika. Keempat PPPPTK ini secara bersama-sama melaksanakan kegiatan Rakorsin pada tanggal 7 sampai dengan 9 Juni 2011 bertempat di Hotel Oval Surabaya. Pada kegiatan awal ini diikuti oleh 75 Kepala Dinas Kota/Kabupaten yang menjadi sasaran Program BERMUTU dan 16 LPMP serta beberapa peserta dari perguruan tinggi. Rakorsin ini merupakan kegiatan awal untuk melakukan koordinasi dan memadukan kegiatan-kegiatan Program BERMUTU yang akan dilaksanakan pada tahun 2011. Hasil Rakorsin akan menjadi dasar bagi pelaksanaan kegiatan BERMUTU berikutnya.

Setelah Rakorsin, sebagai kegiatan awal adalah Workshop Penyusunan Modul yang akan digunakan dalam kegiatan program BERMUTU. Pada kegiatan workshop ini PPPPTK PKn dan IPS hanya menambahkan tiga modul selain modul yang telah ada, sebagai bahan belajar yaitu modul yang berkaitan dengan Pembelajaran Tematik di kelas 1, kelas 2, dan kelas 3. Setelah penyusunan modul selanjutnya dilakukan kegiatan Harmonisasi Modul BERMUTU, yang bertujuan untuk menyelaraskan modul yang telah disusun agar bisa digunakan oleh peserta program BERMUTU. Kegiatan berikutnya adalah Workshop Penggunaan Modul BERMUTU yang melibatkan WI PPPPTK, WI LPMP, dan guru pemandu. Pada kegiatan ini akan disampaikan mengenai penggunaan modul-modul BERMUTU yang akan bermanfaat bagi WI atau guru pemandu dalam menjalankan tugasnya melakukan pembimbingan dan memandu kegiatan dalam Program BERMUTU di daerah masing-masing. Setelah kegiatan workshop ini dilanjutkan dengan kegiatan Pelatihan PCT (Provincial Core Team), yaitu pelatihan bagi fasilitator di tingkat provinsi yang akan memberikan pelatihan bagi fasilitator di daerah atau tingkat kota/kabupaten.

Rangkaian kegiatan Program BERMUTU ini dilaksanakan oleh PPPPTK PKn dan IPS selama bulan Juni sampai dengan bulan Juli. Selanjutnya PPPPTK PKn dan IPS ini akan melakukan pemantauan kegiatan BERMUTU ini melalui kegiatan Monitoring Pelatihan DCT yang dilakukan oleh LPMP di provinsi yang menjadi sasaran Program BERMUTU. Selain ini kegiatan monitoring juga dilakukan di kota/kabupaten sasaran Program BERMUTU yaitu melalui kegiatan Monitoring dan Evaluasi KKG Kota/Kabupaten untuk menjaring data mengenai pelaksanaan Program BERMUTU yang dilakukan di daerah-daerah. Selanjutnya hasil monitoring dan evaluasi ini akan diolah dan kesimpulan hasilnya akan diworkshopkan sebagai bahan masukan untuk pelaksanaan Program BERMUTU yang telah dilakukan.

Itulah rangkaian pelaksanaan Program BERMUTU yang dilaksanakan oleh PPPPTK PKn dan IPS pada tahun 2011 ini. Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan mulai bulan Juni dan diperkirakan akan dapat terlaksana seluruhnya sampai bulan Agustus. Kepercayaan, komunikasi, dan koordinasi PPPPTK PKn dan IPS dengan instansi yang menangani Program BERMUTU baik PPPPTK, LPMP, maupun dinas pendidikan kota/kabupaten menjadi sarana untuk mewujudkan tujuan bersama dalam rangka menyukseskan Program BERMUTU. (RED)

Berlangganan info terbaru blog ini melalui email:

1 Response to "Program BERMUTU Tahun 2011"