Pembuatan VCD Pembelajaran PKn dan IPS

Tahun 2011 PPPPTK PKn dan IPS Batu kembali melaksanakan program pembuatan VCD model pembelajaran untuk mata pelajaran PKn dan IPS di Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Pelaksanaan kegiatan ini beragam, tetapi secara keseluruhan sudah dimulai pada bulan Mei 2011. Penanggung jawab pembuatan VCD model pembelajaran ini adalah masing-masing laboratorium di PPPPTK PKn dan IPS. Masing-masing laboratorium melakukan persiapan dan pembagian tugas serta pendampingan mulai dari penyusunan skrip skenario sampai pelaksanaan shooting/pengambilan gambar dan tahap akhir pembuatan VCD.

Kegiatan pembuatan VCD ini dimulai dari penyusunan skrip skenario model pembelajaran pada masing-masing sekolah dan penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Guna mematangkan dan agar Skrip dan RPP yang disusun dapat lebih sempurna dan dapat digunakan untuk shooting, dilakukan kegitan workshop untuk memperoleh masukan-masukan dari berbagai pihak yang kompeten baik secara akademis maupun secara teknis. Setelah dilakukan revisi-revisi terhadap skrip dan RPP, selanjutnya dilakukan persiapan secara teknis untuk shooting dimulai dengan memberikan pengarahan dan latihan-latihan di sekolah yang menjadi model. Penataan ruang kelas, siswa, dan guru model, semuanya dipersiapkan dan dilatih agar hasil yang diperoleh bisa lebih baik.

Dalam proses pembuatan VCD model pembelajaran ini, PPPPTK PKn dan IPS bekerja sama dengan sekolah-sekolah di Kota Batu, Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kab. Probolinggo. Beberapa sekolah tersebut di antaranya: SMA Negeri 2 Kota Batu, SMA Negeri 1 Bantur, SMA Negeri 4 Kota Malang, SMK Negeri 1 Kota Malang, SMA Negeri 5 Kota Malang, dan SD Muhammadiyah Pendil Kabupaten Probolinggo. (RED)

Berlangganan info terbaru blog ini melalui email:

0 Komentar "Pembuatan VCD Pembelajaran PKn dan IPS"

Posting Komentar