PPPPTK PKn dan IPS Laksanakan Pelatihan Kurikulum 2013 bagi Pengawas Sekolah di Provinsi Wilayah Mitra

Pada Agustus ini, PPPPTK PKn dan IPS melaksanakan tiga gelombang kegiatan Pelatihan Kurikulum 2013 bagi Pengawas Sekolah dari jenjang SD hingga SMA/SMK di provinsi wilayah mitra.

Pengawas sekolah peserta pelatihan K-13 sedang berkonsultasi dengan narasumber.
Pengawas sekolah peserta pelatihan sedang berkonsultasi dengan narasumber.

Pelatihan gelombang pertama diadakan di LPMP Bali bagi 80 orang Pengawas Sekolah jenjang SD provinsi Bali pada 9 sampai 14 Agustus. Gelombang kedua diadakan di LPMP Maluku Utara bagi 40 orang Pengawas Sekolah jenjang SD dan 15 orang Pengawas Sekolah jenjang SMK provinsi Maluku Utara pada 16 s.d. 21 Agustus, gelombang tiga diadakan di Syariah Radho Hotel Malang bagi 60 orang Pengawas Sekolah jenjang SD masing-masing 30 orang dari Bali dan 30 orang dari Malut pada 25 s.d. 30 Agustus. Menurut rencana jadwal, ada satu gelombang lagi pelatihan kurikulum 2013 Bagi Pengawas Sekolah yaitu di provinsi wilayah mitra Nusa Tenggara Barat. Namun, gelombang tersebut akan di-reschedule mengingat bulan ini saudara-saudara di NTB mengalami bencana alam rentetan gempa bumi.

Materi pelatihan Kurikulum 2013 bagi Pengawas Sekolah antara lain berupa pengembangan supervisi akademik dan manajerial dalam melaksanakan kurikulum 2013 yang mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter, Gerakan Literasi, dan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Pengawas sekolah yang telah dilatih diharapkan mampu mengimbaskan materi pelatihan tersebut kepada teman pengawas sekolah lain di daerah masing-masing.

Dalam implementasi Kurikulum 2013 yang ditargetkan telah menyeluruh pada tahun ajaran 2019/2010, pengawas sekolah memiliki peran penting karena tugas utama pengawas sekolah adalah melakukan pembimbingan sekolah-sekolah binaan. Untuk mendukung pengawas sekolah dalam membina sekolah mengimplementasikan K13, Direktorat  Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah melalui PPPPTK PKn dan IPS menyelenggarakan Pelatihan Kurikulum 2013 bagi Pengawas Sekolah.***

Berlangganan info terbaru blog ini melalui email:

0 Komentar "PPPPTK PKn dan IPS Laksanakan Pelatihan Kurikulum 2013 bagi Pengawas Sekolah di Provinsi Wilayah Mitra"

Posting Komentar