Mendikbud: Penataan OTK Agar Organisasi Lebih Ramping dan Lincah Melayani Masyarakat

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy kembali melakukan penataan jajaran pejabat pimpinan tinggi utama, administrator, dan pengawas di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sebanyak 210 pejabat dilantik ke dalam jabatan baru, terdiri dari 208 orang pejabat struktural dan 2 orang pejabat fungsional Pengembang Teknologi Pendidikan (PTP).

"Pelantikan ini dilaksanakan sebagai rangkaian dari perubahan struktur organisasi dan tata kerja pada beberapa unit di kementerian," demikian disampaikan Mendikbud Muhadjir Effendy dalam sambutannya, di Plaza Insan Berprestasi, gedung A Kemendikbud, Jakarta, Senin (4/6/2018).
Pada tanggal 30 November 2011, M. Qudrat Wisnu Aji, S.E, M.Ed. Kepala Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan diangkat menjadi Kepala Biro Umum Kemendikbud. Beliau digantikan oleh Drs. M. Muhadjir, M.A. yang sebelumnya adalah Kepala Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan. (foto: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa)

Beberapa unit kerja dihilangkan agar organisasi lebih ramping dan lincah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dan kebudayaan, sedangkan tour of duty dan tour of area terus digalakkan Mendikbud demi penyegaran dan peningkatan kompetensi para pejabat di lingkungan Kemendikbud agar mampu memahami permasalahan di unit yang berbeda-beda.

"Saya ucapkan terima kasih atas dedikasi dan jasa-jasanya selama melaksanakan tugas jabatan," ujar Mendikbud.

Mendikbud melantik Sutanto sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Sesditjen Dikdasmen). Dyah Ismayanti dilantik sebagai Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Sekretariat Jenderal. Pelantikan kembali Kepala Biro Kepegawaian menjadi Kepala Biro SDM sejalan dengan penyesuaian organisasi dan tata kerja (OTK) Kemendikbud yang baru melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 11 Tahun 2018. M. Qudrat Wisnu Aji dilantik sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Bambang Winarji yang sebelumnya menjabat Direktur Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah dilantik sebagai Direktur Tenaga Kependidikan. Sri Renani Pantjastuti yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dilantik sebagai Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus. Thamrin Kasman yang sebelumnya menjabat Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, hari ini dilantik sebagai Inspektur II di Inspektorat Jenderal.

Mendikbud juga melantik pejabat fungsional Nelwan Isa dan Didik Wira Samodra sebagai Pengembang Teknologi Pendidikan Ahli Madya.

"Ciptakan kepemimpinan yang menyejukkan dan demokratis, sehingga menumbuhkan kreativitas dan produktivitas kerja," pesan Mendikbud di akhir sambutannya.
No.
Nama
Jabatan Lama
Jabatan Baru
1. Sutanto Kabiro Umum Sesditjen Dikdasmen
2. Dyah Ismayanti Kabiro Kepegawaian Kabiro SDM
3. M. Qudrat Wisnu Aji Kabiro Keuangan Sesditjen GTK
4. Bambang Winarji Direktur Pembinaan Tenaga Kependidikan Dikdasmen  Direktur Pembinaan Tenaga Kependidikan
5. Thamrin Kasman Sesditjen Dikdasmen Inspektur II
6. Sri Renani Pantjastuti  Direktur Pembinaan Guru Dikmen  Direktur Pembinaan Guru Dikmen dan Diksus
Sumber :
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/06/mendikbud-penataan-organisasi-dan-tata-kerja-agar-organisasi-lebih-ramping-dan-lincah

Berlangganan info terbaru blog ini melalui email:

0 Komentar "Mendikbud: Penataan OTK Agar Organisasi Lebih Ramping dan Lincah Melayani Masyarakat"

Posting Komentar